Mengetahui Jenis-Jenis Kurma dan Harganya

Buah kurma adalah buah yang banyak di temukan pada negara-negara Timur tengah. Kurma memiliki rasa yang manis dan lezat sehingga banyak orang menyukai rasa buah ini. Di Indonesia sendiri buah ini banyak di cari oleh orang-orang muslim ketika sedang berada di bulan ramadan. Biasanya juga banyak di jual kurma untuk takjil saat berbuka puasa.

Tamr adalah bahasa Arab dari kurma. Phoenix dactylifera merupakan nama latin buah kurma. Buah ini masuk dalam kingdom Plantae dalam divisi Magnoliophyta. Genus Phoenix adalah genus dari buah kurma. Asal usul pasti dari buah ini belum ada kebenaran mutlak. Hanya saja dalam manuskrip lama di jelaskan bahwa buah kurma pertama di temukan di teluk persia.

Sejarah singkat buah kurma

pexels.com

Seperti yang telah di ketahui, buah kurma menjadi makanan pokok dan juga komoditas utama di negara timur tengah sedari ribuan tahun yang lalu. Pada zaman kuno, yakin masa Mesopotamia sampai dengan masa prasejarah Mesir, buah kurma sudah mulai di budidayakan. Bangsa mesir kuno menjadikan buah kurma sebagai anggur kurma yang lezat dan membuat tenang. Setelah kurun waktu 6000 SM, Buah kurma mulai di sebarluaskan oleh bangsa Arab ke berbagai negara di seluruh dunia hingga saat ini kurma banyak di jumpai di negara manapun.

Buah kurma memiliki bentuk lonjong atau oval atau juga silinder. Panjang dari buah kurma rata-rata mulai dari 3 cm sampai dengan 7 cm dan memiliki diameter ukuran mulai dari 2 cm sampai dengan ukuran 3 cm. Sedangkan pada biji dari buah kurma memiliki panjang mulai dari 2 cm sampai dengan 2,25 cm dengan ketebalan sekitar 6 mm sampai dengan 8 mm. Dari teksturnya, buah kurma terbagi menjadi tiga kategori yaitu lunak, semi kering dan juga kering.

Pohon kurma adalah tanaman dengan jenis dioecious. Jenis tanaman dioecious adalah tanaman yang memiliki jantan dan betina secara terpisah dan dapat tumbuh serta berbuah sendiri-sendiri. Pohon kurma dapat dengan mudah di tanam hanya dengan menggunakan biji saja. Namun prosentase berbuah dari pohon kurma betina hanya mencapai 50 persen saja. Dan buah yang di hasilkan dari pohon kurma betina memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil serta kualitasnya tidak terlalu bagus dibanding dengan pohon kurma jantan. Rata-rata pohon kurma yang di tanam bisa berbuah ketika sudah berusia sekitar 4 tahun sampai dengan 7 tahun. Dan setelah 7 sampai dengan 10 tahun barulah pohon kurma bisa di panen buah nya. Itu dengan cara menanam pohon kurma dari biji. Sedangkan pohon kurma yang di tanam dengan sistem stek dapat lebih cepat berbuah hanya sampai dengan 2 tahun atau 3 tahunan.

Jenis Buah Kurma dan Harganya

pexels.com

Ada berbagai macam jenis buah kurma yang tersebar di seluruh dunia. Berikut ini akan kami rangkumkan beberapa jenis buah kurma yang terkenal di seluruh dunia. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1.  Kurma Date Crown Khenaizi

Jenis kurma pertama adalah Kurma Date Crown Khenaizi. Kurma dengan jenis ini memiliki warna yang cokelat dengan bentuk yang besar dan rasa nya sangat manis. Kurma Date Crown Khenaizi di jual dalam bentuk satu karton dengan satu karton tersebut berisi 10 pack dan masing-masing pack tersebut memiliki berat 1 kg. Total berat dari produk Kurma Date Crown Khenaizi ini adalah sekitar 10 kg. Produk Kurma Date Crown Khenaizi ini di jual dengan harga mulai dari 620 ribu rupiah per satu karton.

2. Kurma Date Crown Khalas

Jenis buah kurma berikutnya adalah Kurma Date Crown Khalas. Jenis kurma ini hampir sama dengan sebelumnya. Kualitas dari kurma ini cukup baik dan banyak di cari oleh orang-orang. Dalam satu karton dari Kurma Date Crown Khalas ini terdiri dari 10 kg dan terbagi atas 10 pack. Produk buah Kurma Date Crown Khalas ini di bandrol mulai dengan harga 520 ribu rupiah per 10 kg atau per satu karton.

3. Kurma Golden Valley

Jenis buah kurma berikutnya adalah Kurma Golden Valley. Buah kurma ini berwarna cokelat sedikit keemasan. Buah kurma jenis ini di jual dalam satu karton dengan isi 10 kg dan di bandrol dengan harga mulai dari 260 ribu rupiah per satu karton.

4. Kurma Red Sayer Al Sa’ad

Jenis kurma berikutnya adalah Kurma Red Sayer Al Sa’ad. Kurma ini berasal dari Saudi Arabia dan banyak di bawa oleh rombongan haji ketika pulang ke Tanah Air. Kurma Red Sayer Al Sa’ad dalam satu karton memiliki berat sekitar 10 kg dan di bandrol dengan harga jual kurma mulai dari 215 ribu rupiah.

5. Kurma Ajwa Madinah

Jenis kurma berikutnya adalah Kurma Ajwa Madinah. Jenis kurma ini sering juga di sebut sebagai kurma nabi karena merujuk pada salah satu hadist nabi yang menjelaskan tentang buah kurma. Kurma ini banyak di tanam pada dataran tinggi Madinah yang terletak tak jauh dari kota Najem di Arab Saudi. Dalam satu karton produk buah Kurma Ajwa Madinah ini memiliki bobot total sebesar 10 kg. Harga jual produk Kurma Ajwa Madinah adalah sebesar 2.8 juta rupiah.

Nah itulah jenis-jenis buah kurma. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *