List Keistimewaan Masjid Al Azhom Tangerang Raya

Masjid Al Azhom adalah salah satu masjid yang beralamatkan di Kota Tangerang yang sekaligus menjadi ikon dari kota tersebut. Masjid ini memang menambah daya tarik dari Kota Tangerang, buktinya banyak wisatawan yang berbondong-bondong berwisata religi ke masjid ini.

Selain ikonik, masjid Al Adzom ini juga merupakan masjid terbesar yang ada di Tangerang. Untuk itu ketika sedang berkunjung ke kota ini usahakan untuk mampir ya. Berikut ini keistimewan Masjid Al Azhom yang harus Anda saksikan dan alami sendiri.

Keistimewaan Bangunan Masjid Al Azhom

pixabay.com

Desain Layaknya Benteng

Keistimewaan pertama dari masjid Al Azhom adalah terletak pada desain arsitekturnya. Ya, masjid ini memang dirancang dengan desain yang tidak biasa yaitu menyerupai benteng yang digunakan semasa masa peperangan. Kota Tangerang memang juga dikenal dengan Kota Benteng, maka hal ini lah yang membuat Masjid Al Azhom begitu ikonik.

Bagian masjid yang mencolok dan sekilas mengesankan kemiripan dengan benteng adalah pada bagian atasnya. Di atas genteng dibuatkan kantilever yang sangat menyerupai benteng. Di dalamnya juga banyak lubang layaknya tempat moncong meriam berada. Desain masjid ini memang sangat filosofis sesuai dengan Kota Tangerang.

Masjid dengan Kubah Terbesar

Keistimewaan dari Masjid Al Azham berikutnya adalah kubahnya yang diklaim sebagai yang terbesar di dunia. Berbeda dengan masjid pada umumnya, masjid dengan kubah besar ikonik ini tidak memiliki pilar atau penyangga sama sekali. Sangat unik dan tidak biasa bukan?

Sebagai ganti penyangga, dibuatkan 4 kubah kecil setengah lingkaran yang cukup kuat untuk menyagga kubah utama. Klaim sebagai masjid dengan kubah paling besar juga bukan hanya asal lho, karena buktinya masjid ini memang memiliki kubah besar dengan diameter 63 meter.

Areal Masjid Super Luas

Satu lagi yang menjadi keistimewaan masjid ini adalah areanya yang begitu luas, mulai dari lahan, tempat parkir hingga bangunan utama masjid. Masjid ini dibangun di atas tanah dengan luas 2,25 hektar, sedangkan luas bangunannya adalah 5.775 m². Jadi sangat tidak mengherankan kalau masjid ikonik Kota Tangerang ini dapat menampung hingga 15 ribu jama’ah.

Selain bangunannya yang luas, Masjid Al Azham juga memiliki lahan parkir yang lebih luas yaitu 14.000 m². Cocok banget untuk menampung jama’ah yang berbondong-bondong dari berbagai arah untuk wisata religi.

Keistimewaan Filosofis Masjid Al Azhom

pixabay.com

5 Kubah, Rukun Islam, Salat 5 Waktu

Seperti yang disebutkan di atas, Masjid Al Azham memiliki 5 kubah, 1 kubah besar utama dan 4 kubah kecil sebagai penyangga. Berdasarkan laman resmi Kota Tangerang, dibangunnya 5 kubah ini bukan lah asal-asalan, namun ada makna filosofis di dalamnya. 5 kubah ini menurut mereka melambangkan rukun islam yang lima dan juga shalat lima waktu sehari semalam.

Menara Indah Sarat Makna

Selain lima kubah yang menjadi andalan, Masjid Al Azham juga memiliki 4 menara dengan tinggi masing-masing 55 meter. Tak pelak, 4 menara ini menambah kemegahan dan keindahan dari Masjid Al Azham.

Sama seperti kubah berjumlah 5 yang diasosiasikan dengan rukun islam dan shalat lima waktu, ternyata 4 menara ini juga memiliki makna tersendiri. 4 menara yang dimiliki masjid ini selaras dengan 4 ajaran islam, yaitu aqidah, syariat, akhlak dan ibadah. Sangat filosofis sekali bukan?

Jajaran Top Masjid Nasional

Masjid ini tepatnya berada di sekitar pusat pemerintahan Kota Tangerang yang dibangun pertama kali pada tahun 1997. Peletakan batu pertama saat itu dilakukan oleh Walikota Tangerang yaitu Drs. H. Djakaria Machmud dan diresmikan oleh Drs. Moch Thamrin pada tahun 2003.

Masjid 2 lantai dengan 5 kubah dan 4 menara  ini dirancang oleh arsitek Ir. H. Slamet Wirasonjaya. Beliau adalah salah seorang Guru Besar di ITB jurusan arsitektur. Pastinya seorang arsitek yang luar biasa karena sekarang Masjid Al Azham begitu populer dan dikunjungi oleh banyak wisatawan religi.

Bahkan saking istimewanya masjid ini juga pernah menjadi tempat shooting salah satu acara TV karena keindahan dan kemegahannya. Banyak pula kegiatan keislaman unggulan yang dilakukan di masjid ini, misalnya saja majlis taklim, kultum, kajian Al-Quran, Festival Al Azhom dan masih banyak yang lainnya.

Demikianlah ulasan tentang keistimewaan Masjid Al Azham yang begitu ikonik. Masjid semegah ini dipastikan memiliki fasilitas terbaik yang akan membuat jama’ah merasa nyaman. Misalnya saja karpet masjid yang berkualias, pendingan ruangan, penitipan barang, perpustakaan dan masih banyak yang lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *