Beberapa Model Kursi Untuk Cafe Terbaik

Sebagai tempat untuk berkumpul dan bersantai sembari menikmati makanan, café menjadi salah satu tempat yang paling banyak di kunjungi oleh semua orang selain tempat wisata atau tempat berbelanja. Dengan semakin berkembangnya keinginan manusia konsep dasar café akan pemenuhan kebutuhan ruang ngobrol, berkumpul dan bersantai juga menjadi lebih berkembang, saat ini beberapa café sudah di desain untuk wisata selfie, atau sebagai ruang kerja bersama selain fungsi utamanya sebagai tempat berkumpul.

Penyesuaian kebutuhan hendaknya juga tetap diimbangi dengan kualitas sajian makanannya, sehingga akan semakin menguatkan ciri khas dari sebuah café. Pemilihan kursi juga setidaknya di sesuaikan dengan konsep awal café, bisa jadi pemilihan furniture yang tidak tepat akan mengaburkan konsep tersebut.

Bermacam-macamnya konsep dasar café seperti café dengan nuansa vintage, modern, rustic hingga minimalis pasti akan menyesuaikan dengan penggunaan kursi cafenya. Berikut ini adalah beberapa jenis kursi yang cocok untuk beberapa konsep dasar café.

KURSI JENIS KAYU

Pixabay.com

Maraknya trend kursi kayu menjadi salah satu dinamika tersendiri bagi sebuah café, jika beberapa watu lalu kita lebih banyak menjumpai kursi fiber pada café yang kita kunjungi tidak demikian belakangan ini. Kemungkinan besar karena proses pembuatanya lumayan lama, bahannya cenderung sulit untuk di dapatkan serta luamayan berat untuk dipindahkan kesana kemari.

Namun belakangan ini kursi kayu dengan berbagai bahan cenderung lebih diminati oleh pemilik café, dengan kesan unik yang ditawarkan café pengunjung akan merasa lebih betah untuk menghabiskan waktu di tempat tersebut.

Bahan dasar jenis kursi kayu sangat beragam, mulai dari kayu jati, kayu mahoni, kayu sono, kayu kamper, kayu pinus, kayu akasia hingga kayu sengon. Masing-masing kayu tersebut memiliki keunikan tersendiri, diantaranya adalah tingkat kekerasan kayu, warna kayu, hingga tekturnya.

Proses pengerjaan bahan tersebut untuk menjadi meja atau kursi juga sangat beragam, kayu jati dan mahoni memiliki permukaan dan serat yang sangat padat dari pada kayu jenis lain. Karena itulah proses pengerjaannya cenderung lama dengan harganya yang jauh lebih mahal daripada meja atau kursi jenis kayu lain.

KURSI ROTAN

Di Indonesia kursi rotan memang umumnya jarang di gunakan sebagai Kursi Cafe, sebelumnya kursi dengan jenis rotan lebih banyak digunakan pada teras atau serambi rumah. Hal itu terjadi karena harga furniture dengan bahan rotan cenderung stabil dalam kisaran mahal daripada furniture berbahan lain.

Sehingga furniture atau meja kursi rotan hanya digemari sebagian kecil orang saja, karena kebutuhan yang semakin berkembangnya adalah konsep bangunanlah yang menjadikan trend meja kursi rotan meningkat peminatnya.

Furniture meja dan kursi rotan sangat cocok diaplikasikan pada café dengan konsep vintage atau rustic, kesesuaian dengan konsep ini sudah menjadi trend di luar negeri bahkan beberapa café dan Bistro yang ada.

Kelebihan dari kursi dengan bahan rotan diantaranya adalah mudah untuk dipindahkan atau ditata ulang karena ringan, serta bahan rotan mudah untuk dibersihkan dan cenderung lebih awet.

KURSI BESI

Pixabay.com

Penggunaan kerangka besi pada furniture meja dan kursi café juga menjadi sesuatu yang cocok untuk menunjang keunikan dan konsep utama yang diusung sebuah café. Kursi dengan kerangka besi kini kian marak untuk digunakan, selain modelnya yang bisa disesuaikan dengan pesanan bahannya juga mudah untuk didapat.

Pengaplikasiannya juga cenderung lebih mudah, kursi besi dapat berkombinasi dengan kayu, busa, atau bahan lain. Kursi besi sangat cocok untuk diaplikasikan pada café dengan konsep modern minimalis, kesan mungil sederhana dari kursi akan semakin menambah kesan minimalisnya.

Penyesuaian konsep awal akan penggunaan sebuah furniture yang ada di dalam café menjadi perlu untuk dipertimbangkan, tak terkecuali pada kursi berbahan dasar kerangka. Di sisi lain penambahan kayu pada dudukan dan mejanya bisa sangat mudah untuk di sesuaikan dengan kerangka. Kelebihan lain dari kursi dengan kerangka besi adalah proses pengerjaannya yang mudah, cepat dan relative lebih murah dibandingkan kursi kayu atau rotan.

KURSI BUSA

Berikutnya adalah kursi pelengkap café dengan jenis kursi busa, kursi berbahan busa banyak digunakan pada beberapa café atau lounge bar. Penggunaan kursi busa pada beberapa café kini juga kian banyak dilakukan, kursi café jenis ini menawarkan kenyamanan bagi setiap orang yang duduk diatasnya. Berbagai model serta berbagai macam pilihan warna juga sudah banyak tersedia di pasaran umumnya.

Kursi busa sangat cocok untuk diaplikasikan pada café dengan konsep modern, kombinasi yang baik antara warna netral atau kalem menjadi sangat indah untuk dipandang setiap mata. Penggunaan busa sebagai bantalan kursi juga bukan hanya ada pada jenis kursi busa saja, bantalan busa juga bisa dikombinasikan pada beberapa jenis kursi kayu.

Contohnya adalah untuk jenis kursi sedan dengan bantalan busa yang bisa mendukung konsep café vintage klasiknya, hal ini sebenarnya merupakan produk inovasi pengganti rotan atau kayu yang dulunya berperan sebagai bahan utamanya.

Meski kursi busa menawarkan kenyamanan istimewa, kursi jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti sulit untuk dibersihkan dan dipindahkan. Selain itu kursi dengan jenis busa juga membutuhkan ruangan yang cukup lebar, sehingga jika ruang utama café tidak luas, maka café akan terlihat penuh sesak dan sulit untuk mobilisasi orang. Meski demikian penggunaan kursi busa sebagai kursi café masih tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilik yang mendambakan kenyamanan pengunjungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *