Pola Hidup Sehat dan Olahraga Juga Bisa Menambah Tinggi Badan

Tinggi badan seseorang secara alami dipengaruhi oleh genetik keluarga ayah dan ibunya. Maka tak heran jika ada salah satu orang tua yang pendek dan anaknya juga memiliki tubuh pendek. Namun, orang yang bertubuh pendek umumnya tidak percaya diri dan berusaha untuk menambah tinggi badannya. Banyak cara dilakukan olehnya untuk bisa menambah tinggi badan dan mendapatkan postur tubuh ideal impiannya.

Perlu Anda ketahui bahwa selain faktor genetik, tinggi seseorang juga dipengaruhi dengan faktor nutrisi dan aktivitas. Jadi, jangan patah semangat dan terus berupaya untuk mendapatkan tinggi badan ideal dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan, Anda juga bisa menambah suplemen tiens peninggi badan yang aman dikonsumsi.

Membiasakan Pola Hidup Sehat

pixabay.com

Pola hidup sehat sebenarnya memang harus diterapkan oleh semua orang, bukan hanya untuk mereka yang ingin mendapat tinggi badan ideal. Dengan menerapkan pola hidup sehat, tubuh akan lebih sehat, bugar serta lentur dan tidak mudah terjangkit penyakit. Inilah beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda ikuti, antara lain:

Tidur Cukup dengan Postur yang Benar

Standar durasi tidur yang cukup adalah sekitar 7 hingga 8 jam dalam sehari, sedangkan posisi yang baik adalah telentang. Saat tidur, tubuh Kita akan mengeluarkan hormon HGH yaitu hormon pertumbuhan. Sedangkan posisi tidur memeluk guling tidak baik bagi pertumbuhan tulang karena bisa menghambat atau menyebabkan bungkuk.

Penuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tetap lancar, tubuh Anda memerlukan nutrisi dari makanan bergizi. Nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan adalah kalsium, protein, fosfor dan vitamin D. Hal itu bisa didapatkan dari susu, protein hewani maupun nabati, buah-buahan dan sayuran. Selain itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air mineral sebanyak 8 gelas per harinya.

Hindari Kebiasaan Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Beberapa orang masih terbiasa dengan mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food, merokok atau minuman beralkohol. Anda harus tahu bahwa kebiasaan buruk ini dapat menghambat pertumbuhan tubuh termasuk tinggi badan. Sebaiknya makan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran serta beragam jenis protein nabati dan hewani.

Jaga Postur Tubuh Tetap Tegak

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa membuat seseorang mengalami pertumbuhan terhambat adalah postur tubuh yang tidak tegap. Hal ini bisa terjadi dari kebiasaan sehari-hari yang tidak baik seperti posisi duduk, berdiri atau berjalan yang sembarangan.

Inilah Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

pixabay.com

Olahraga adalah salah satu aktivitas dengan gerakan berulang yang sangat bik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih lentur dan tidak kaku sehingga proses pertumbuhan berlangsung lebih optima. Sebelum dan sesudah berolahraga sebaiknya Anda melakukan stretching terlebih dahulu. Nah, inilah beberapa olahraga untuk menambah tinggi badan, antara lain:

Olahraga Renang

Aktivitas berenang membutuhkan kerja otot hampir di semua bagian tubuh, oleh sebab itu renang sangat baik untuk pertumbuhan tulang.  Dengan rutin berolahraga renang, hormon pertumbuhan akan terangsang dan terpacu untuk terus berproduksi. Olahraga renang bisa dilakukan seminggu sekali untuk menambah tinggi badan secara alami.

Olahraga Sepak Bola

Sepak bola juga biak untuk pertumbuhan dan meningkatkan tinggi badan karena adanya aktivitas menendang. Aktivitas menendang akan membuat otot di bagian kaki dan lutut seperti tertarik sehingga merangsang pertumbuhan tulang kaki menjadi lebih panjang. Jika tidak suka bermain sepak bola Anda masih bisa melakukan gerakan menendang tanpa bola sebagai bagian dari olahraga harian.

Olahraga Lompat Tali

Hampir sama dengan menendang, aktivitas olahraga lompat tali juga menggunakan otot kaki. Dengan melakukan olahraga lompat tali, otot kaki akan lebih terstimulasi sehingga menjadi lebih panjang atau tinggi. Olahraga lompat tali ini bisa Anda lakukan setiap hari di pagi atau sore hari. Meski tidak menggunakan tali, Anda juga bisa sekadar lompat-lompat untuk melatih aktivitas otot kaki.

Olahraga Bola Basket

Olahraga ini cukup membuktikan adanya pengaruh terhadap pertumbuhan tulang dan tinggi badan seseorang, terlihat dari pemain basket yang biasanya tinggi-tinggi. Alasannya adalah karena saat bermain basket tubuh akan melakukan aktivitas berlari dan melompat yang melawan gravitasi. Aktivitas tersebut membuat otot badan dan tulang belakang teregang secara maksimal.

Itulah beberapa pola hidup sehat dan aktivitas olahraga yang baik untuk pertumbuhan tinggi badan. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *