3 Hormon Penting pada Pertumbuhan Kacang Hijau

Pertumbuhan kacang hijau selain dipengaruhi oleh gen, juga dipengaruhi oleh hormon. Hormon adalah zat yang berguna untuk mengendalikan fungsi pada tubuh, dalam hal ini tubuh tanaman kacang hijau. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau di antaranya adalah sebagai berikut.

Hormon Penting pada Pertumbuhan Kacang Hijau

Auksin

Hormon pertama yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kacang hijau adalah auksin. Hormon ini fungsinya adalah untuk memacu proses pemanjangan, pembelahan hingga diferensiasi sel.

Giberlin

Hormon selanjutnya yang mempengaruhi tumbuh kembang tanaman kacang hijau adalah giberlin. Hormon giberlin turut berperan dalam pembetukan biji hingga perkecambahan. Dalam hal ini, biji kacang hijau bisa muncul karena hormon giberlin.

Etilen

Etilen adalah hormon yang ada dalam tubuh tanaman yang memiliki dua tugas utama. Pertama adalah untuk mematangkan buah dan yang kedua adalah untuk merontokkan daun. Berkat hormon inilah kita bisa merasakan manfaat kacang hijau yang sudah tua/dewasa.

Demikianlah ulasan tentang hormon yang mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau. Selain 3 hormon di atas, masih ada 4 hormon lainnya yaitu sitokinin, asam absisat, kaolin dan asam traumalin.