Keuntungan Apa Saja yang Akan Didapatkan oleh Perusahaan dan Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat ISO?

Keuntungan Apa Saja yang Akan Didapatkan oleh Perusahaan dan Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat ISO?

International Organization for Standardization atau ISO merupakan badan organisasi yang mempromosikan dan mengenalkan standar global pada industri dan komersial. Hingga saat ini, ada lebih dari 162 anggota badan standarisasi yang tersebar di seluruh dunia. Para anggota nantinya akan berbagi pengetahuan mengenai standar ISO sehingga dapat melahirkan inovasi terbaru ketika menghadapi tantangan global. Untuk menetapkan ISO, perusahaan biasanya memanfaatkan jasa ISO demi memperoleh sertifikat ISO yang diharapkan oleh perusahaan. Sertifikat tersebut nantinya bemanfaat bagi perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen yang berkaitan dengan produk buatan perusahaan.

Manfaat dan Keuntungan yang Diperoleh Perusahaan Melalui Sertifikat ISO

 

Jika kita memperhatikan akan peroleh sertifikat ISO, tentunya bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak tahapan yang harus dilakukan oleh perusahaan agar sertifikat ISO dapat diperoleh. Bagi perusahaan yang ingin mendapatkan sertikat dalam waktu singkat, perusahaan akan berhubungan dengan jasa ISO. Hal tersebut menjadi hal yang wajar mengingat sertifikat tidak dapat dilakukan dengan mudahnya. Bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO? merupakan pertanyaan wajar yang ditujukan oleh perusahaan ketika akan mendapatkan sertifikat ISO. Sebelum membahas mengenai cara membuat sertifikat, simak terlebih dahulu mengenai manfaat dan keuntungan dari sertifikat ISO bagi perusahaan di bawah ini:

  1. Dapat meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan

  2. Mengurangi biaya pengeluaran

  3. Meningkatkan keuntungan perusahaan

  4. Meningkatkan motivasi para karyawan akan dapat bekerja dengan lebih baik

  5. Meningkatkan jiwa kompetisi para karyawan perusahaan

Tahapan Memperoleh Sertifikat ISO

 

Perusahaan yang memiliki sertifikat ISO memiliki jaminan akan barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Dengan sertifikat ini, konsumen tidak akan memiliki rasa keraguan ketika akan menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Mengingat pentingnya sertifikat bagi perusahaan, perusahaan memiliki kewajiban untuk mendapatkan sertifikat ISO. Dalam mengajukan sertifikat, ada baiknya bagi perusahaan untuk melakukan konsultasi kepada jasa ISO. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat jasa ISO memiliki pengalaman dalam pembuatan ISO sehingga perusahaan dapat dengan mudah mendapatkan sertifikat ISO yang dibutuhkan. Guna mengetahui lebih lanjut akan cara mendapatkan sertifikat ISO, simak tahapan yang harus dilalui oleh perusahaan di bawah ini.

Kick off meeting menjadi tahapan awal yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan sertifikat ISO. Dengan melakukan tahapan tersebut, perusahaan berkesempatan untuk mensosialisakan program apa saja yang akan dicanangkan pada perusahaan. Karyawan perusahaan nantinya akan memberikan komitmennya dan gambaran akan ISO yang akan mereka laksanakan. Selain melalukan kick off meeting, gap analysist menjadi tahapan yang perlu dilakukan. Dengan melakukan kick off meeting dan gap analysist, kesenjangan akan sistem tidak akan terjadi.

Tahapan kedua yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan sertifikat ISO adalah dengan melakukan penyusunan dokumen dan memenuhi persyaratan ISO. Jika perusahaan tidak mengetahui dengan jelas akan dokumen dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi dalam pembuatan sertifikat, perusahaan dapat menghubungi jasa ISO yang berpengalaman. Jasa ISO akan memberikan informasi akan dokumen dan beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh perusahaan agar sertifikat dapat segera diperoleh. Tanpa bantuan jasa ISO, perusahaan akan kesulitan untuk menentukan dokumen dan persyaratan yang harus ditaati selama proses pembuatan sertifikat ISO.

Tahap selanjutnya yang dilakukan oleh perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikat ISO adalah dengan melakukan sosialisasi. Di dalam melakukan tahap ini, perusahaan akan mengkomunikasikan penghargaan dan pujian kepada pihak-pihak yang berkaitan. Mensosialisasikan ISO sangat penting dilakukan agar karyawan perusahaan dapat memahami poin-poin penting dari ISO yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sosialisasi ISO dilakukan kepada semua karyawan tanpa terkecuali. Dengan begitu, karyawan dapat mengetahui hal dan kewajibannya selama bekerja di dalam perusahaan.

Mengevaluasi sistem manajemen menjadi langkah berikutnya yang dilakukan oleh perusahaan guna mendapatkan sertifikat ISO. Evaluasi hanya dapat dilakukan jika perusahaan telah menjalankan audir secara internal. Proses audit diharapkan dapat memperoleh hasil yang diinginkan oleh perusahaan. Melalui audit, perusahaan dapat melakukan penilaian akan kesesuaian, identifikasi perbaikan dan evaluasi efektivitas. Tidak hanya itu, audit juga dapat memberikan pengaruh pada mutu kinerja karyawan yang berkaitan dengan standar sistem yang diberlakukan. Hasil audit perusahaan nantinya akan dikemukaan pada rapat tinjauan manajemen yang diikuti oleh beberapa pihak yang berkaitan dengan perusahaan yang berkaitan dengan sertifikat ISO.

Langkah terakhir yang dilakukan perusahaan dalam mendapatkan sertifikat ISO adalah pelaksanaan sertifikasi. Tahap ini tentunya hanya dapat dilakukan jika tahap-tahap yang disebutkan sebelumnya telah selesai dilakukan. Dalam pelaksaan sertifikasi, perusahaan akan mengundang badan sertifikasi yang berasal dari ISO. Badan sertifikasi ISO akan memberikan penilaian manajemen mutu ISO yang dimiliki oleh perusahaan. Pihak sertifikasi akan melalukan audit pada perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikat ISO. Pada saat melakukan sertifikasi, perusahaan tidak perlu merasa cemas dan khawatir. Badan sertifikasi ISO akan menindaklanjuti proses sertifikasi dengan baik sehingga perusahaan akan mendapatkan sertifikat yang mereka butuhkan. Jika perusahaan mengikuti tahapan dalam peraihan sertifikasi ISO, perusahaan tersebut nantinya akan mendapatkan sertifikat ISO dengan mudah dan tanpa harus menunggu dalam waktu yang lama.