Cara Live Game Di Facebook Secara Praktis

 

 

Facebook memiliki fitur live stream yang dapat digunakan untuk sesi game. Kamu dapat menarik banyak orang dan berpeluang memperoleh uang. Tentu saja, live stream di facebook berbeda dari  youtube dan twitch. Kedua platform tersebut secara khusus memang disediakan untuk game. Jika ingin memang berkenan memakai social media ini, pengetahuan mengenai cara live game di facebook sangat berguna. Untuk informasi lebih lanjut, kangsandi.id akan memberikan solusinya.

Cara Live Game Di Facebook Dengan Mudah

  • Live streaming di smartphone

Cara live game di facebook membutuhkan aplikasi omlet arcade. Kamu install dan berikan izin. Selanjutnya, cari menu go live lalu pilih game. Lalu beralih ke menu overlay dan pilih channel yaitu facebook live. Kamu segera lanjut ke game yaitu login dengan akun. Satu lagi yang penting adalah mengatur waktu atau jadwal. Pastikan hal seperti ini sudah dipersiapkan. Aplikasi ini membutuhkan akses akun facebook. Kamu hanya perlu masuk ke omlet arcade jika ingin melakukan streaming. Secara otomatis, facebook live akan muncul di akun kamu. Metode ini memakai smartphone jadi pastikan perangkat menunjang proses tersebut. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan internet dengan koneksi stabil. Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk caption yaitu menampilkan aktivitas gamer. Penonton dapat menyaksikan ekspresi kamu ketika sedang bermain game tersebut.

 

  • Live game di laptop atau pc

Cara lain yaitu live game menggunakan pc atau laptop. Aplikasi yang dibutuhkan adalah obs atau open broadcaster software. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis. Install langsung di laptop. Selanjutnya, buka facebook dan cari live stream. Kamu perlu menemukan stream key dan salin. Buka kembali obs dan cari bagian channel lalu masukkan kode dari facebook. Kode ini memberikan akses kepada obs untuk melakukan live stream. Setelah semua siap, kamu buka game dan kembali ke obs lalu pilih game capture. Jika membutuhkan audio, aktifkan menu audi sehingga penonton dapat mendengar. Kamu lanjutkan bermain game dimana obs sedang menjalankan tugasnya.

Cara stream dari hp dan laptop memiliki keunggulan tersendiri. Saat memakai smartphone, kamu membutuhkan beberapa aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Stream dari perangkat mobile sangat praktis dan mudah. Kamu hanya perlu satu perangkat untuk menjalankan semua fitur. Selain itu, gamer tidak membutuhkan gadget yang mahall. Disisi lain, laptop sangat cocok untuk gamer yang ingin terjun di bidang profesional. Meskipun terkesan ribet, kamu akan mengerti mengapa hp tidak dapat menggantikan komputer. Keunggulan dari komputer adalah variasi game terutama bermain game populer seperti fortnite dan pubg. Keuntungan lain adalah potensi penonton lebih besar. Mereka sangat senang melihat aksi dan ekspresi gamer. Semuanya lebih praktis dan berkualitas dengan perangkat komputer atau laptop. Kelemahannya adalah mahal terutama gear terbaru. Kamu membutuhkan biaya sangat tinggi dan sebanding dengan hasilnya.

Hal Lain Terkait Live Streaming Game Di Facebook

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, facebook live memang bukan untuk game. Kamu dapat melakukan live dan banyak orang menonton. Cara pakainya yaitu memilih menu dengan ikon mirip kamera. Setelah itu, sesi live membutuhkan verifikasi. Fitur lain adalah menentukan kamera yang dipakai yaitu depan dan belakang. Saat memakai kamera depan, orang lain akan melihat kamu seperti melakukan video call. Cara ini digunakan untuk sesi live personal. Sebaliknya, kamu dapat share lingkungan sekitar atau kegiatan lain menggunakan kamera belakang. Selain live stream dari smartphone, member dapat menggunakan laptop. Untuk kebutuhan tersebut, kamu harus memakai webcam atau kamera eksternal yang terkoneksi langsung ke perangkat tersebut.

Mengapa memakai facebook untuk live game? Platform lain tersedia seperti yang disebutkan. Akan tetapi, facebook memiliki potensi. Meskipun agar ribet, kamu akan menyadari bahwa banyak orang lebih sering bermain social media untuk memperoleh info game. Mereka adalah penonton potensial yang membutuhkan konten berkualitas. Potensi ini perlu diambil dengan seksama. Keuntungan yang lain adalah live game dari facebook bebas untuk menyisipkan konten apapun. Saat sedang live, kamu mungkin menambahkan pesan sponsor atau konten lain misalnya tutorial. Platform khusus game tidak akan cocok saat menerapkan hal ini. Sebaliknya, facebook bersifat universal jadi apapun dapat dilakukan. Yang menarik, kamu dapat menggunakan live stream ini bersama teman. Bermain bersama lebih menyenangkan. Keuntungan lain adalah sangat jarang para gamer menggunakan facebook. Mereka beranggapan bahwa live game dari facebook sangat tidak cocok. Sebaliknya, inilah kesempatan untuk memasuki sesuatu yang masih jarang. Kamu bahkan bisa membuat basis fan dan halaman. Mereka berkunjung ke facebook secara rutin untuk menonton live game ini.

Cara live game di facebook yang baru saja dijelaskan dapat diperluas ke platform dan game lain. Agar lebih banyak penonton, kamu sebaiknya bermain game yang sedang populer misalnya pubg, mobile legends, fortnite, genshin impact, dan lainnya. Beberapa developer juga dapat menggunakan facebook untuk promosi game baru. Caranya adalah live stream dan game bersamaan. Ada sesi untuk mengikuti gaming dan tambahan konten lain untuk penjelasan. Jadi, live game di facebook memiliki potensi yang harus dioptimalkan.