Ingin Membuat Kandang Ayam Petelur Dari Kawat? Ikuti Cara Ini

pexels.com

Ayam termasuk salah satu makanan empat sehat lima sempurna, tak heran banyak peternak ayam petelur semakib banyak. Hal tersebut sejalan dengan permintaan pasar yang signifikan setiap harinya, baik untuk konsumsi pribadi masyarakat maupun permintaan warung, pusat perbelanjaan dan warung makan. Untuk itulah peternak harus membuat kandang ayam yang serbaguna sehingga perkembangbiakan ayam tidak terhambat, termasuk itu telur ayam.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Dari Kawat

Merawat dan membudidayakan ayam petelur menjadi usaha yang menjanjikan, apalagi pembuatan kandangnya dapat dipilih sesuai selera. Bahkan kandang dapat dibuat menggunakan kawat loh, alhasil ayam-ayam akan aman dan terbebas dari berbagai bahaya.

Dengan begitu, telur-telur ayam akan terjaga hingga ia menetas. Usahakan pemilik ternak memantau perkembangan ayam, walaupun terdapat orang yang bertugas menjaga dan memberikan pakan ayam. Sayangnya banyak peternak pemula mengeluh pembuatan kandang dari kawat sangat susah, untuk itulah dibawah ini ada cara pembuatan kandang ayam petelur dari kawat, diantaranya adalah:

  1. Menyiapkan Bahan Pembuatan Kandang

Sejatinya, kadang ayam petelur dari kawat dihasruskan kawat yang tahan karat dan berkualitas sehingga ayam tidak terkontaminasi bakteri. Apalagi kandang ayam dari kawat termasuk tipe kandang ayam baterai, yaitu kandang yang disusun bertingkat dan berderet layaknya kurungan. Namun setiap kurungan atau sangat hanya diisi 2 atau 3 ekor ayam petelur sehingga hasil telurnya melimpah.

  1. Menentukan Ukuran Kandang

Ukuran kandang ayam petelur sangat penting karena menjadi tempat tinggal jumlah ayam yang dimiliki. Maka, sesuaikanlah ukuran dengan jumlah ayam sehingga semua ayam hidup layak dan nyaman di dalam kandang. Jangan lupa tentukan apakah kepala ayam akan diletakan di luar atau di dalam kandang.

  1. Membuat Rangka Kandang

Usahakan, usai membuat sketsa kandang segera membuat rangka kandang. Tujuannya agar saat pembuatan kandang dari kawat selesai, tidak ada perbaikan yang membutuhkan banyak peralatan maupun kawat baru akibat banyak kawat yang rusak. Anda dapat membuat rangka atap menggunakan rangka besi atau rangka bambu sesuai sketsa yang telah dibuat.