Jenis-Jenis Kunyit  Apakah Hanya Kuning Kunyit?

pixabay.com

Kunyit memiliki warna khas yang pasti semua orang sudah mengetahuinya, ya warna kuning, walaupun kunyit memiliki memiliki beberapa jenis dan tidak semua jenisnya berwarna kuning, namun kunyit identik dengan warna kuning.  Kunyit, umbi dengan segudang manfaat ini identik dengan jamu tradisional yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat oleh orang Indonesia. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam sebiji kunyit, apakah kunyit jenis lain juga memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sama dengan kuning kunyit? Simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

Jenis-Jenis Kunyit

  1. Kunyit Putih/ kunyit Kuning

Salah satu kunyit yang sangat terkenal sebagai obat berbagai masalah pencernaan adalah kunyit kuning, masyarakat Jawa menyebut kunyit ini sebagai Temu Putih.  Kuning kunyit ini memiliki manfaat yakni dapat membantu dalam pengobatan kanker serviks dan meredakan nyeri haid. Bila dilihat sekilas kulit ini berwarna kuning keputih-putihan inilah mengapa kunyit kuning ini juga disebut sebagai kunyit putih.

  1. Kunyit Merah

Penampilan kunyit merah hampir mirip dengan warna kunyit kuning, namun waranya lebih terang dan orange pekat.  Manfaat dari kunyit merah ini sangatlah banyak, kunyit merah sangat baik untuk kesehatan Anda,  jamub tradisional juga bisanya menggunakan kunyit ini sebagai bahan utamanya contohnya jamu kunyit asam.  Selain digunakan sebagai obat-obatan kunyit merah ini juga banyak digunakan sebgai rempah-rempah untuk bahan masakan, kunyit merah ini memiliki warna orange yang pekat bila dicampurkan ke masakan sehingga warna masakan lebih menggugah selera.

  1. Kunyit Hitam

Kunyit hitam memiliki penampakan daging buah berwarna hitam, kunyit hitam ini merupakan tanaman asli dari daerah India atau Timur laut. Kunyit hitam ini memiliki manfaat untuk mengurangi rasa gatal, Kandungan antiinflamasi yang dimiliki kunyit hitam dapat membantu mengatasi kulit gatal. Selain itu, kunyit hitam juga bermanfaat untuk anti radang pada kulit yang sedang  gatal.

Inilah beberapa jenis kunyit, ternyata kunyit tidak hanya memiliki satu jenis saja yakni kuning kunyit tetapi kunyit juga ada yang berwarna orange dan juga hitam. Kebutuhan industri akan kunyit juga tinggi, sehingga peluang berbisnis kunyit terbuka lebar. Apalagi di jaman online seperti ini, anda hanya perlu mempunya website untuk memasarkan hasil panen kunyit Anda. Untuk pilihan domain yang kuat untuk bisnis online anda, silahkan kunjungi https://backhunter.com