Ketahui Manfaat Minyak Jagung Untuk Kesehatan dan Kecantikan

pixabay.com

Minyak jagung adalah minyak yang diperoleh dari ekstraksi biji jagung bersifat setengah kering dan berwarna kekuningan serta digunakan untuk membuat sabun dan pelumas. Minyak ini tahan dalam suhu tinggi tanpa mengeluarkan asap sehingga sangat cocok digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan.

Proses pembuatan minyak dari biji jagung membutuhkan proses yang sangat kompleks. Dalam proses pembuatan minyak ini banyak sekali air dan mineral dari biji jagung yang terbuang.  Tetapi minyak ini juga masih mengandung vitamin E.

Kandungan lemak dari minyak jagung sendiri adalah asam lemak omega-6 yang berupa asam linoleat serta omega 3. Hanya saja kandungan asam lemak tersebut tidak imbang yakni 46:1,asam lemak omega-6 lebih besar daripada omega-3.

Manfaat Minyak Jagung

Manfaat yang terkandung dalam minyak jagung adalah sebagai berikut :

Menurunkan kolesterol

Kandungan asam lemak tak jenuh dari minyak jagung ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Hal ini juga karena minyak jagung mengandung fitosterol, sehingga dapat menekan laju kolesterol. Minyak jagung mampu menghalangi penyerapan laju kolesterol, termasuk LDL yang berada dalam saluran cerna. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan pada 2 gram fotosterol dalam sehari dalam jangka waktu 2 minggu maka 10 persen lemak jahat LDL akan turun.

Mengontrol kadar gula darah

Minyak jagung juga dapat bermanfaat untuk tubuh terutama untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan menurunkan kolesterol sehingga fungsi pankreas akan berfungsi normal. Ini dikarenakan terdapat asam linoleat di dalam minyak jagung. Asam linoleat ini juga yang berperan dalam menormalkan fungsi pankreas agar dapat terus menghasilkan insulin.

Mengatasi masalah kehamilan

Pertumbuhan janin dalam kandungan akan lebih bagus jika Ibu saat hamil mengkonsumsi minyak jagung. Asam folat yang terkandung dalam minyak jagung dapat menjadi suplemen penunjang kehamilan agar bayi tumbuh sehat. Selain itu dalam proses kehamilan minyak jagung bermanfaat untuk membuat sel telur menjadi lebih kuat, sehingga peluang untuk bisa hamil lebih tinggi.

Mempercantik kulit dan wajah

Kulit wajah akan terlihat cantik dan berseri dengan menggunakan minyak jagung. Untuk membuat wajah menjadi lebih cantik dan cerah membutuhkan regenerasi sel yang cepat dan oksigen dalam darah berjalan dengan lancar. Dan Minyak jagunglah yang dapat membatu dalam kedua proses tersebut, sehingga membuat minyak ini sangat cocok untuk proses perawatan kecantikan kulit dan wajah.

Itulah beberapa manfaat minyak jagung yang sangat bermanfaat bagi kita.