Permudah Cara Ngopi dengan Mesin Kopi

pexels.com

Sudah pernah dengan mesin kopi atau yang disebut coffe maker? Iya yang satu ini merupakan mesin kopi yang membantu kita untuk mempermudah dalam meracik kopi. Dengan adanya mesin ini, tentu kita bisa dengan mudah menikmati kopi tanpa harus repot-repot merebus air panas, meracik kopi dan gula, atau pergi ke kedai kopi untuk menikmati secangkir kopi. Untuk itu bagi Anda pecinta kopi, tentunya mesin kopi merupakan hal yang wajib Anda miliki.

Bagaimanapun juga, kopi merupakan minuman yang paling banyak diminati baik dikalangan remaja hingga dewasa. Kopi merupakan minuman yang sangat cocok untuk dinikmati kapan saja entah itu pagi hari, siang hari, sore hari, atau malam hari. Apalagi di pagi hari, minum kopi seolah menjadi ritual tersendiri bagi sebagian besar masyarakat. Selain itu ngopi juga merupakan hal yang sangat cocok menemani waktu santai bersama orang-orang terdekat.

Tak hanya sampai disitu, kopi juga menjadi minuman yang sangat cocok untuk meneyelingi rapat, diskusi, dan lain sebagainya. Ngopi juga sering menjadi alasan ketika kita sedang memasuki jam istirahat kerja. Hal tersebut tentu dikarenakan kopi merupakan minuman yang mengandung kafein sehingga kopi dapat membantu mengatasi masalah mood, stres akibat pekerjaan, dan membantu kinerja otak untuk lebih produktif lagi.

Nah bagi Anda pecinta kopi, memiliki coffe maker atau mesin pembuat kopi sepertinya menjadi hal yang sangat cocok. Sebab dengan memiliki mesin kopi sendiri, kita bisa dengan mudah menikmati kopi kapanpun dan dimanapun. Kita juga tidak perlu repot-repot pergi ke kedai kopi untuk menikmati secangkir kopi. Dengan demikian tentu kita juga bisa lebih menghemat waktu kita.

Manfaat Mesin Kopi

Mesin pembuat kopi atau yang disebut dengan coffe maker merupakan mesin yang membantu Anda untuk lebih mudah dalam membuat kopi. Iya mesin ini tentunya akan sangat membantu Anda para pecinta kopi untuk menikmati kopi dengan lebih mudah. Selain itu dengan memilih harga kopi terbaik dan meraciknya sendiri, Anda pun bisa ngopi dengan lebih hemat. Nah berikut adalah beberapa manfaat mesin pembuat kopi:

  1. Menghemat waktu

Seperti yang dijelaskan diatas , dengan memiliki coffe maker di rumah, Anda bisa menikmati secangkir kopi tanpa harus datang langsung ke kedai. Anda bisa ngopi kapan saja dan dimana saja ketika memiliki mesin pembuat kopi sendiri.

  1. Memungkinkan Anda untuk membuat berbagai jenis kopi

Dengan coffe maker, Anda dapat menikmati berbagai jenis kopi sesuai kenginan. Iya mesin kopi akan memabantu Anda untuk menyajikan berbgai jenis kopi mulai dari yang paling sederhana atau layaknya di cafe.

  1. Dapat mempermudah untuk menyajikan kopi dalam jumlah yang banyak

Ketika bayak teman sedang berkunjung ke rumah, tentu kita perlu untuk membuat kopi dengan jumlah yang banyak dan dalam waktu yang cepat. Atau mungkin bagi Anda penjual kopi, sedang banyak pelaggan dan membutuhkan waktu penyajian yang cepat, tentu mesin kopi ini merupakan solusinya. Sebab ada juga mesin kopi yang memiliki kapasitas cukup besar dan dapat menyajikan kopi dalam beberapa gelas sekaligus.

Cara Kerja Mesin Kopi

Mesin kopi memiliki beberapa komponen yang dapat mempermudah Anda untuk menyeduh kopi dengan cara yang sangat simpel. Komponen dari mesin kopi tersebut diantaranya yaitu :

  • Reservoir atau tangki yang berfungsi untuk menyimpan air.

  • Tabung putih pada bagian dasar reservoir yang berfungsi untuk membawa air panas naik ke tempat penyeduhan.

  • Kepala pancuran air yang berfungsi untuk mengalirkan air keluar ke kopi bubuk yang telah disiapkan.

  • Tabung orange yang berfungsi untuk menjemput air dari reservoir.

  • Komponen pemanas yang terdiri dari 2 bagian yakni bagian pemanas dan tabung sebagai tempat jalannya air.

Nah adapun cara kerja dari mesin kopi yaitu ketika air dingin dituangkan, maka air akan mengalir ke dalam dari reservoir melalui lubang menuju ke dalam sebuah tabung orange. Selanjutnya baru air akan melalui saluran satu arah menuju ke dalam tabung aluminium yang berfungsi sebagai pemanas.

Proses selanjutnya adalah air akan naik ke tabung aluminium bagian atas. Ketika mesin kopi mulai dihidupkan, maka listrik yang mengalir akan memanaskan tabung aluminiu sampai air di dalam tabung mendidih. Nah ketika air sudah mendidih, maka level air akan naik dan gelembungnya akan terpompa masuk ke dalam tabung berwarna putih. Setelah air mengalir melalui tabung putih, maka akan disebar menjadi tetesan-tetesan ke atas bubuk kopi yang telah disiapkan.

Air panas yang telah mengalir melalui kopi giling akan membawa sari minyak kopi saat mereka mengalur turun ke dalam cangkir kopi. Nah minyak kopi tersebut akan dilepaskan selama proses penyegraian biji kopi yang kemudian disebut sebagai caffeol. Nah itu dia cara kerja mesin kopi yang dapat membantu Anda mempermudah dalam menyeduh kopi. Anda cukup memasukkan kopi dan air saja dan kopi siap saji pun siap untuk Anda nikmati. Bagaimana simpel bukan? Dengan demikian Anda bisa ngopi dengan lebih hemat uang, lebih hemat tenanga, dan hemat waktu.