Terbukti Efektif! Berikut Cara Menyapih Balita Yang Bisa Anda Lakukan

 

Setiap balita yang sudah melewati ASI eksklusif memang sangat disarankan untuk disapih. Namun, masa penyapihan seringkali menjadi tantangan tersendiri agar si kecil tetap bisa mendapatkan nutrisi yang baik. Untuk itu, anda dapat melakukan beberapa tahapan berikut sebagai cara menyapih si kecil dengan tepat.

Tips Menyapih Si Kecil Dengan Tepat

  1. Lakukan Secara Perlahan

Menyapih balita memang tidak bisa dilakukan dengan cepat. Pasalnya, anda perlu mengurangi frekuensi menyusui secara perlahan. Anda bahkan bisa memulai penyapihan di siang hari dengan tidak memberikan ASI kepada balita dengan mengganti nutrisi melalui pemberian makanan berat yang bisa dikonsumsi.

  1. Mengganti Pemberian ASI Dengan Susu Botol Atau Cangkir

Menggunakan botol atau cangkir yang berisi susu formula adalah cara yang tepat untuk membiasakan balita tidak menyusu. Anda bisa mengenalkan penggunaan cangkir karena dapat digunakan sebagai cara menyapih dengan mudah. Lazimnya, pengenalan penggunaan gelas dapat dilakukan mulai dari usia 6 bulan.

  1. Menidurkan Anak Tanpa Disusui Secara Bertahap

Kebiasaan menyusu biasanya dilakukan oleh si kecil ketika hendak tidur. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan cara menyapih balita dengan mengganti aktivitas menyusui dengan kegiatan lainnya. Misalnya saja membacakan buku atau mendengarkan music. Buatlah si kecil tetap nyaman dengan memeluk atau membelainya.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menyapih si kecil agar bisa terlepas dari menyusu dengan ASI. Memang tergolong tak mudah, namun memberikan penggantian ASI dengan nutrisi lainnya dapat menjadi cara yang tepat untuk melakukan cara ini. Tentu saja, beberapa tips di atas dapat anda praktekkan secara bertahap.