Jenis Burung yang Sering Dijadikan Peliharaan Di Rumah

Burung merupakan jenis unggas yang sangat menyenangkan untuk dipelihara. Bagi pencinta burung pasti ingin selalu berburu berbagai jenis burung untuk dipelihara. Memelihara burung kini menjadi sebuah hobi yang menarik perhatian. Sebab beberapa jenis burung memiliki keindahan baik dari segi bulu maupun suaranya. Bahkan hobi ini juga mendatangkan pundi-pundi rupiah karena berbagai jenis burung yang berharga fantastis.

Terdapat beragam jenis burung peliharaan yang dapat dipelihara dengan mudah. Dimana masing-masing dari jenis hewan unggas ini memiliki keunggulan tersendiri. Bila anda ingin menekuni hobi memelihara burung maka anda juga perlu tahu jenis-jenis dari burung tersebut.

unsplash.com

Alasan Memelihara Burung Peliharaan di Rumah

Sebelum mengenal macam-macam burung, sebaiknya anda juga perlu tahu bahwa memelihara burung juga bisa mendatangkan banyak manfaat. Memelihara burung adalah salah satu hobi yang semakin diminati masyarakat dari berbagai kalangan. Ketertarikan seseorang untuk memelihara burung menjadikan sebuah hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Bahkan burung peliharaan tersebut juga mempunyai nilai jual yang tinggi atau diikutkan lomba. Selain itu suara burung yang merdu bisa menjadi penawar stres dan membuat rileks.

Supaya anda bisa mendapat berbagai manfaat dengan memelihara burung, maka pastikan anda merawat burung tersebut sebaik mungkin. Mulai dari memperhatikan makanan, minuman hingga kebersihan kandangnya. Lebih bagus lagi bila anda berhasil melatih burung tersebut agar nantinya dapat menghasilkan kicauan yang indah dan bisa menang dalam berbagai perlombaan kicauan. Jadi, kini memelihara burung tidak hanya sekedar hobi tetapi juga dapat mendatangkan rupiah sekaligus menghilangkan stres.

unsplash.com

Mengenal Macam-Macam Burung Peliharaan

Ada banyak macam burung yang bisa dipelihara di rumah mulai dari yang bulunya bagus, suaranya bagus hingga jenis burung yang cerdas. Untuk menambah wawasan anda supaya mudah memilih macam burung yang akan anda pelihara maka berikut akan dijelaskan macam-macam burung tersebut.

  1. Kakatua
    Macam burung yang satu ini termasuk kategori burung yang cerdas. Sebab Kakatua memang dapat menirukan kata apapun yang diucapkan oleh manusia jika burung ini telah dilatih dengan baik. Kakatua sendiri sudah mempunyai 4 buah jari yang terdiri dari dua menghadap ke depan serta dua lainnya menghadap ke belakang. Burung ini juga memiliki paruh yang tebal, kuat dan mengait. Leher dan badannya pendek, bagian lidahnya tebal serta kepalanya besar. Jenis kakaktua yang sering dipelihara yaitu kakatua jambul kesumba, kakatua alba, kakatua jambul kuning, kakatua putih kecil dan kakatua raja.
  2. Beo
    Beo adalah jenis hewan peliharaan yang sangat menarik karena pandai untuk menirukan bunyi apapun yang didengarnya. Mulai dari bunyi nyanyian, siulan, teriakan, seruan, panggilan nama seseorang dan lain sebagainya. Memelihara burung jenis ini memang sangat mudah dan cepat mengenal pemiliknya. Bagi anda yang ingin memelihara beo tentu tidak akan kerepotan untuk merawatnya. Bila dilihat dari segi fisik, burung ini memang tidak terlihat keren karena bulunya yang berwarna hitam, kepala berbulu pendek bergembel kuning, serta paruhnya berwarna kuning kemerahan. Jenis beo yang sering dipelihara yaitu beo nias.
  3. Lovebird
    Lovebird atau sering disebut burung cinta mempunyai warna yang cantik dan indah. Selain memiliki bulu yang indah, burung ini bisa dioptimalkan agar bisa mengikuti lomba suara kicau burung maupun kontes kecantikan. Sesuai dengan namanya, burung ini memang selalu hidup berpasangan serta dapat berkicau sepanjang waktu. Burung ini juga mempunyai bentuk yang cantik serta warna yang memanjakan mata. Jika anda pandai mengembangbiakknya maka anda bisa memperoleh burung warna baru yang langka. Tentu semakin langka warna burung lovebird maka harga jual burung ini juga semakin tinggi.

    unsplash.com
  4. Kenari
    Burung kenari adalah jenis unggas yang banyak dipelihara karena burung ini bisa menirukan suara kicauan burung lainnya. Dengan ukuran tubuhnya yang kecil menjadikan burung tidak berbahaya bagi anak-anak maupun keluarga anda. Sedangkan perawatannya juga tidak begitu rumit karena anda hanya perlu memberikan pakan harian, dijemur, minum serta membersihkan sangkarnya. Suara kenari sangat merdu sehingga bisa membuat anda menjadi rileks. Warna bulu kenari juga berwarna-warni dan mencolok sehingga indah saat dipandang.
  5. Betet
    Burung ini sering disebut dengan nama kakatua kecil karena bentuknya yang mirip kakatua tapi ukurannya lebih kecil. Burung betet mempunyai bulu berwarna hijau dan bagian kepalanya berwarna keabuan, dadanya berwarna kemerahan serta lehernya berwarna hitam. Sedangkan bulu ekornya di bagian tengahnya berbentuk menyerupai pedang dengan warna hijau kebiruan. Untuk paruhnya berukuran besar dan berwarna merah. Betet adalah macam burung peliharaan yang sangat disukai karena memiliki warna yang indah dan mudah diajari menirukan kata-kata.
  6. Cendet
    Burung cendet memang sangat pandai menirukan suara kicauan burung lainnya. Meskipun begitu burung ini mempunyai ukuran tubuh yang agak kurang simetris. Sebab bagian kepalanya lebih besar daripada ekornya yang cenderung kecil. Cendet memiliki sifat kanibal dan agresif saat melihat lawan jenis maupun burung kecil di sekitarnya. Tapi hal tersebut tidak menurunkan minat masyarakat untuk memeliharanya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis burung yang sering dipelihara di rumah untuk menambah wawasan anda. Informasi di atas bisa membantu anda agar lebih mudah memilih jenis burung yang cocok dipelihara. Dengan begitu anda bisa memperoleh berbagai manfaat dari memelihara burung tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *