Petunjuk Pembuatan Makalah Manajemen Keuangan yang Benar

Bagi yang sekarang ini masih duduk di bangku sekolah ataupun perguruan tinggi tentu sering mendapatkan tugas untuk membuat makalah. Seperti yang diketahui, hampir semua mata pelajaran khususnya di perkuliahan selalu menuntut mahasiswanya membuat makalah terkait mata kuliah yang dipelajari. Lalu bagaimana cara membuat makalah Manajemen Keuangan yang benar?

Berbicara tentang contoh makalah, ada banyak sekali beragam jenis makalah yang tersedia di Google. Namun kebanyakan, susunan dan juga kerangka yang digunakan masih salah atau bisa dikatakan belum sempurna. Jika ingin membuat makalah yang bagus, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait susunan kaidah yang ditetapkan. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

stocksnap.io

Mengenal Tentang Definisi Makalah Manajemen Keuangan

Definisi Makalah

Sebelum membahas tentang petunjuk atau pedoman pembuatan makalah, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu definisi makalah itu sendiri. Menurut  Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah memiliki dua arti. Definisi pertama, makalah merupakan sebuah tulisan resmi terkait suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di depan umum.

Definisi yang kedua, makalah merupakan sebuah karya tulis pelajar ataupun mahasiswa yang dijadikan sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perkuliahan. Sedangkan menurut W.J.S Poerwadarminta, makalah adalah uraian tertulis yang membahas sebuah masalah tertentu yang mana dikemukakan dengan pembahasan yang lebih lanjut.

Perlu diketahui, makalah dengan paper atau karya ilmiah adalah dua hal yang berbeda. Masing-masing memiliki karakteristik atau susunan penulisan yang berbeda-beda. Jadi jangan sampai salah menggunakan susunan atau kaidah ke penulisannya ya!

Petunjuk Pembuatan Makalah

Sama halnya dengan Paper dan juga Karya ilmiah, dalam pembuatan makalah juga tidak boleh dilakukan sebarangan. Ada beberapa petunjuk yang Anda harus perhatikan saat membuat makalah Manajemen Keuangan agar hasilnya sempurna. Beberapa petunjuk pembuatannya yaitu pertama memilih topik yang akan dibahas. Topik merupakan tema yang adan dibahas dalam sebuah makalah.

Dalam pemilihan topik ini harus benar-benar menarik serta mencangkup hal-hal yang luas. Hal tersebut bertujuan agar pembaca dapat mengambil banyak manfaat dari makalah tersebut sesuai dengan ilmu yang dibutuhkan. Kedua, memperhatikan penulisan serta bahasa yang digunakan. Umumnya sebuah makalah menggunakan bahasa yang baku dan juga sesuai dengan EYD atau ejaan yang disempurnakan.

pickjumbo.com

Susunan Kerangka dalam Pembuatan Makalah Manajemen Keuangan

Cover

Bagian pertama yang harus ada dalam sebuah makalah adalah cover atau sampul. Bagian ini berisi tentang judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun diterbitkan. Perlu diingat, judul yang ditampilkan harus jelas dan juga menarik.

Abstrak

Umumnya sebuah abstrak ditulis dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam penulisan abstrak ke dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 250 kata, sedangkan untuk bahasa Inggris maksimal adalah 200 kata. Isi dari bagian Abstrak ini yaitu berupa ringkasan atau bahasan pokok yang dibahas dalam sebuah makalah. Mulai dari tujuan penelitian, metode, hingga hasil dari penelitian.

Daftar isi

Susunan kerangka selanjutnya dalam pembuatan makalah manajemen keuangan adalah membuat daftar isi. Daftar ini merupakan sebuah bagian yang memuat tentang informasi halaman dari isi makalah Anda. Mulai halaman yang pertama hingga halaman terakhir pada makalah Anda.

Kata Pengantar

Kata Pengantar merupakan bagian yang mencangkup isi dari keseluruhan makalah Anda. Jadi intinya membahas tentang isi makalah secara menyeluruh namun masih tetap umum. Umumnya pada bagian kata pengantar ini mencantumkan ucapan syukur kepada Tuhan YME dan kepada pihak-pihak terkait.

 

Pendahuluan

Selanjutnya adalah bagian pendahuluan yang berisi bahasan awal topik penelitian. Namun perlu diketahui, bahwa bahasan yang dimaksud di sini disusun berdasarkan sudut pandangan penulis, jadi tidak perlu ditulis secara luas. Untuk menulis bagian pendahuluan ini, penulis harus menjelaskan secara umum secara singkat akan tetapi tujuan dan maknanya jelas.

Latar Belakang

Latar Belakang merupakan sebuah bagian pada makalah manajemen keuangan yang berisi permasalahan yang dijumpai oleh pembuat makalah. Selain itu isi dari latar belakang ini juga menjelaskan mengapa masalah yang dijumpai tersebut perlu diteliti. Perlu diingat bahwa latar belakang ditulis sejelas-jelasnya dengan penjelasan yang jelas dan umum sehingga mudah untuk dimengerti.

Nah tidak sampai disitu, masih ada susunan kerangka yang harus Anda lengkapi seperti rumusan masalah, tujuan pembahasan, isi, kesimpulan, saran, penutup, dan daftar pustaka. Jika dibutuhkan, Anda masih bisa menambahkan beberapa lampiran yang berkaitan dengan isi makalah yang dibuat.

Demikian ulasan singkat tentang bagaimana cara membuat makalah terkait manajemen keuangan dengan benar. Jadi bagi yang sekarang ini tengah bingung cara membuat makalah tentang manajemen keuangan, pastikan untuk menyimak ulasan di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *